Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tips Memilih Scrub Wajah Kulit Sensitif Beserta Cara Menggunakan Dan Manfaatnya

 

Tips Memilih Scrub Wajah Kulit Sensitif Beserta Cara Menggunakan Dan Manfaatnya

Eksfoliasi dengan menggunakan face scrub merupakan langkah penting dalam perawatan kulit jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang mulus, bebas noda, dan bercahaya. Jika tidak melakukannya, maka kulit akan kasar, kusam, dan berjerawat. 

Namun khusus untuk kulit sensitif harus menggunakan scrub wajah dengan sangat hati – hati. Lantas, bagaimana cara menggunakan scrub wajah yang benar bagi pemilik kulit sensitif? Yuk cari tahu dengan menyimak penjelasan di bawah ini!

    1. Cara Menggunakan Scrub Wajah Yang Tepat Untuk Kulit Sensitif

Setelah eksfoliasi, pemilik kulit sensitif mungkin perlu menambah langkah perawatan wajah lain atau memperhatikan dengan seksama bahan apa yang ada dalam produk. 

Bagi kamu pemilik kulit sensitif, bahkan saat eksfoliasi dengan scrub wajah harus melakukannya dengan lembut dan hanya sekali atau dua kali saja dalam seminggu. Hal itu dikarenakan kulit sensitif bisa menjadi merah, teriritasi, dan kering dengan cepat, karena itu pilih produk dengan kandungan asam laktat. Kandungan tersebut akan mengeksfoliasi kulit dengan lembut sekaligus membuatnya hidrasi. 

Jangan menggosok kulit atau menggunakan brush pembersih, karena kedua hal itu bisa menyebabkan kulit sensitif rusak. Setelah kulit sensitif dieksfoliasi dengan menggunakan face scrub, jangan lupa aplikasikan pelembap atau serum yang menenangkan dan melembapkan. 

Di pasaran, ada banyak produk eksfoliasi kimia ringan dengan konsentrasi lebih rendah bisa mengeksfoliasi kulit tanpa menyebabkannya rusak atau kering, namun kulit sensitif tetap harus menggunakan eksfoliasi kimia. Karena itu, kamu harus hati – hati saat memilih scrub wajah dan pastikan bahwa produk yang dipilih memang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Setelah itu, gunakan scrub wajah kulit sensitif secara ringan dengan waslap. 


2. Tips Memilih Scrub Wajah Kulit Sensitif

Dalam hal pemilihan scrub wajah kulit sensitif, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

  • Butiran Scrub

Pilih scrub wajah dengan butiran yang kecil dan bentuknya bulat. Butiran scrub sinstetis biasanya mempunyai ukuran yang sama sehingga bisa memberikan eksfoliasi yang konsisten.

  • Bahan – Bahan

Cari scrub wajah dengan kandungan enzim, aloe vera, gliserin, atau oatmeal. Jangan pilih eksfoliator fisik yang keras seperti kulit kenari!

  • Asam Laktat

Scrub wajah dengan kandungan asam laktat bisa mengeksfoliasi kulit dengan lembut dan sekaligus melembapkannya. 

  • Eksfoliasi Kimiawi

Pemilik kulit sensitif disarankan menggunakan eksfolias kimiawi, Karena sebagian besar metode mekanis akan menyebabkan kulit teriritasi atau kemerahan. 

  • Konsentrasi Bahan Aktif

Pilih scrub wajah dengan konsentrasi bahan aktif yang tidak terlalu tinggi. 


3. Pentingnya Menggunakan Scrub Wajah

Menggunakan scrub wajah sangat penting untuk mendapatkan kulit yang lebih cantik, dan ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika melakukannya, yaitu :

  • Kulit Tampak Lebih Cerah

Salah satu manfaat dari penggunaan scrub wajah adalah dengan menggosoknya dengan gerakan melingkar, maka hal itu akan mengelupas kotoran dan kulit mati, serta membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga menghasilkan wajah lebih cerah. 

  • Mencegah Noda Hitam

Noda hitam di wajah muncul akibat akumulasi kulit mati di permukaan kulit yang harus dibersihkan. Flek hitam bisa dihilangkan dengan menggunakan scrub wajah yang bisa membuat kulit terlihat sama warnanya. 

  • Memulihkan Tekstur Kulit

Penggunaan scrub wajah juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dengan mendorong proses pembaharuan kulit, Karena kulit wajah lebih tipis, lebih halus, dan lebih rentan terhadap kekeringan dan kerusakan. 

  • Mencegah Jerawat

Jika kamu sering berjerawat, menggunakan scrub wajah merupakan hal wajib. Sebagian besar jerawat muncul disebabkan tersumbatnya pori – pori oleh kotoran dan minyak. Dengan menggunakan scrub wajah secara teratur bisa membantu menghilangkan lapisan atas sel kulit mati yang menyumbat pori – pori dan sekaligus mencegah jerawat muncul. 

  • Memudahkan Penyerapan Perawatan Kulit

Jika kamu sering bertanya – tanya kenapa produk skincare yang digunakan tidak bekerja dengan optimal untuk kulitmu, maka kamu harus mencoba menggunakan scrub wajah untuk mengeksfoliasi kulitmu. Sebab, lapisan sel kulit mati yang menumpuk akan membuat produk skincare lebih sulit untuk meresap. 

Jika kamu sedang mencari scrub wajah yang cocok untuk kulit sensitif, yuk beli Naturally Speaking Charming Dragon Fruit Face Scrub! Ini adalah salah satu produk terbaru dari Erha yang saat ini semakin banyak diminati. 

Naturally Speaking Charming Dragon Fruit Face Scrub merupakan 3in1 scrub mask yang fungsi utamanya untuk membantu menghilangkan minyak dan kotoran dari kulit wajah. Produk ini adalah scrub wajah alami yang dibuat dari bahan dasar ekstrak buah naga yang dikombinasikan dengan kandungan niacinamide, ekstrak bunga calendula, rosehip oil, dan sea buckthorn oil. Produk multifungsi satu ini efektif menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas karena mengandung 5X antioksidan.


Tidak ada komentar

Posting Komentar