Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tips Ibu Rumah Tangga Tetap Kuat Meski Punya Banyak Aktivitas

Tips Ibu Rumah Tangga Tetap Kuat Meski Punya Banyak Aktivitas



Menjadi ibu rumah tangga memang membutuhkan banyak energi dan ketangguhan, apalagi dengan banyaknya aktivitas harian yang harus dilakukan. Mulai dari urusan anak, rumah, suami, hingga urusan pribadi. Pekerjaan rumah tangga seolah tak ada habisnya. Lalu, bagaimana ya agar ibu rumah tangga bisa tetap kuat meski punya banyak aktivitas? 

Tips Ibu Rumah Tangga Tetap Kuat

Sejak menjadi ibu rumah tangga, saya selalu bangun lebih awal dan tidur lebih larut. Maklum, banyak aktivitas yang harus saya lakukan. 

Tentu saja bukan hanya saya yang seperti ini. Teman deestories lainnya pasti merasakan, menjadi ibu rumah tangga itu sangat sibuk. 

Di tengah banyaknya aktivitas, tentu saja ibu rumah tangga harus tetap kuat, ya! Jangan sampai sakit, karena nanti semua bisa keteteran. 

Berikut beberapa tips agar tetap kuat. 

1. Tetapkan Prioritas

Buat daftar tugas yang harus dilakukan setiap hari, lalu urutkan berdasarkan prioritas. Fokus pada hal yang paling penting dulu, dan sisihkan waktu untuk hal-hal yang kurang mendesak.

Saya biasanya membuat to do list harian. Menuliskan semua aktivitas harian yang harus dilakukan. Urutannya dari yang mendesak hingga kurang mendesak. 

2. Jangan Ragu Meminta Bantuan

Jika beban terlalu berat, minta bantuan dari pasangan, anak-anak, atau anggota keluarga lain. Melibatkan anak-anak dalam tugas-tugas sederhana juga dapat mengajarkan mereka tanggung jawab.

Ingat, ibu rumah tangga manusia biasa, bukan superwoman. Jangan mengambil semua tanggung jawab. Bagi tugas dengan semua anggota keluarga lainnya. 

3. Sediakan Waktu untuk Diri Sendiri

Carilah waktu, meskipun hanya sebentar, untuk melakukan hal-hal yang dinikmati, seperti membaca, olahraga ringan, atau mendengarkan musik. Ini penting untuk menjaga kesehatan mental.

Jangan hanya mengurus anggota keluarga, tetapi urus juga diri sendiri. Nikmati waktu untuk diri sendiri untuk bisa mencharge semangat. 

4. Kelola Stres dengan Baik

Meditasi, pernapasan dalam, atau berjalan-jalan sebentar bisa membantu meredakan stres. Coba luangkan waktu untuk sekadar menenangkan diri.

Baca Juga : 8 Rutinitas Pagi yang Penting untuk Menjaga Kesehatan Mental Ibu

Ibu rumah tangga perlu mengelola stres dengan baik. Agar pikiran tetap waras di tengah banyaknya drama rumah tangga. 

5. Pola Makan Sehat dan Tidur Cukup

Pastikan untuk makan dengan gizi seimbang dan minum cukup air agar tubuh tetap bertenaga. Tidur yang cukup juga sangat penting untuk menjaga stamina sepanjang hari.

Jangan begadang bila tidak sangat diperlukan. Kurang tidur bisa bikin uring-uringan, lho. 

6. Jadwalkan Waktu Istirahat

Setelah menyelesaikan beberapa tugas berat, beri diri waktu istirahat. Istirahat sejenak membantu tubuh pulih dan mencegah kelelahan berlebihan.

Baca Juga : Tentang Pekerjaan Rumah yang Nggak Ada Habisnya dan Gimana Caranya Biar Tetap Waras

Saya membiasakan tidur siang setiap hari. Tidak perlu lama, 30 menit sudah cukup. Tidur siang bisa membantu saya menjaga mood dan stamina sepanjang hari. 

7. Delegasikan Tugas

Jika memungkinkan, delegasikan beberapa tugas rumah kepada anggota keluarga lain atau pertimbangkan untuk menyewa bantuan tambahan seperti asisten rumah tangga jika beban terlalu berat.

Baca Juga : Pekerjaan Domestik Tanggung Jawab Siapa?

Saya selalu mendelegasikan urusan menyetrika baju ke laundry. Meminta anak-anak membersihkan kamarnya sendiri sekaligus semua ruangan di lantai dua. Lalu suami bertanggung jawab dalam urusan membersihkan kamar mandi. 

8. Rencanakan Aktivitas Lebih Efektif

Buat jadwal atau rutinitas yang terstruktur agar aktivitas harian lebih efisien. Misalnya, lakukan belanja mingguan agar tidak perlu sering keluar rumah, atau masak dalam porsi besar untuk menghemat waktu.

Baca Juga : Bingung Mau Masak Apa? Yuk, Intip Contoh Menu Harian untuk 10 Hari Ini!

Saya selalu melakukan food preparation untuk 10 hari sekali. Jadi nggak perlu sering keluar rumah untuk berbelanja. 

9. Menikmati Proses

Terkadang, fokus pada tugas-tugas rumah tangga dapat membuat kita lupa untuk menikmati momen-momen kecil. Cobalah untuk lebih menikmati prosesnya dan jangan terlalu keras pada diri sendiri jika ada hal yang tidak berjalan sesuai rencana.

Namanya juga hidup, seringkali penuh kejutan. Wajar jika tidak semuanya berjalan sesuai rencana. 

Penutup

Dengan menjaga keseimbangan antara fisik dan mental, serta tidak ragu untuk meminta bantuan, aktivitas sebagai ibu rumah tangga akan lebih ringan dan kita bisa tetap kuat menjalani hari.

Demikian tips ibu rumah tangga tetap kuat meski punya banyak aktivitas. Semoga tips ini bisa membantu teman deestories semuanya, ya. Kalau punya tips lainnya, boleh lho share di kolom komentar. 













Tidak ada komentar

Posting Komentar