Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil

 

Asuransi mobil


Mobil adalah kendaraan impian banyak orang, begitu juga saya. Alhamdulillah di tahun ke 7 pernikahan, suami mampu membeli mobil untuk kami sekeluarga. Saat punya mobil, saya langsung berpikir untuk memiliki asuransi mobil juga. Bukannya apa-apa sih, kami bukan orang kaya. Agak ngeri kalau memikirkan mobil rusak dan ada masalah, pasti biayanya mahal. Kalau punya asuransi mobil pasti akan membantu. 

Asuransi Mobil untuk Perlindungan Keamanan Finansial yang Tak Ternilai

Asuransi mobil


Memiliki asuransi mobil itu penting, khususnya bagi pemilik kendaraan. Tak bisa dipungkiri, saat ini risiko kecelakaan di jalan raya, kerusakan kendaraan, bahkan ancaman kehilangan mobil semakin meningkat. Adanya asuransi memberikan perlindungan yang menyeluruh atas berbagai kemungkinan yang bisa menimpa kendaraan. 

Kali ini saya akan bercerita secara mendalam berbagai manfaat dari memiliki asuransi mobil, mengapa penting untuk memilikinya, bagaimana asuransi mobil bisa memberikan perlindungan finansial yang kuat, serta cara memilih asuransi mobil terbaik. 

Perlindungan dari risiko kecelakaan

Perlindungan dari risiko kecelakaan menjadi pertimbangan pertama bagi banyak orang termasuk saya, saat ingin memiliki asuransi mobil. 

Beberapa kali saya pernah mengalami kecelakaan kendaraan bermotor, baru level kerusakan motor saja biayanya sudah banyak. Apalagi jika kecelakaan mobil, duh pasti biayanya sangat mahal. 

Asuransi mobil memberikan perlindungan dengan menanggung sebagian besar, bahkan seluruh, biaya perbaikan kendaraan. Ini berlaku baik untuk kita sebagai penyebab kecelakaan maupun korban dari kecelakaan tersebut, tergantung jenis pertanggungan yang dipilih.

Perlindungan dari pencurian dan kehilangan

Pencurian mobil juga menjadi momok terbesar bagi saya. Duh, amit-amit jangan sampai mobil dicuri. Kehilangan mobil tidak hanya menimbulkan trauma psikologis, tetapi juga kerugian finansial. Apalagi kalau mobil masih dalam tahap cicilan. 

Adanya asuransi mobil, risiko kehilangan kendaraan akibat pencurian bisa diminimalkan. Terdapat polis asuransi mencakup klaim untuk kehilangan total kendaraan, di mana perusahaan asuransi akan memberikan kompensasi sesuai dengan nilai mobil saat ini atau sesuai kesepakatan dalam polis. Ini membantu meringankan kerugian finansial yang muncul akibat kehilangan kendaraan.

Tanggung jawab pihak ketiga (Third-Party Liability/TPL)

Salah satu manfaat memiliki asuransi mobil adalah melindungi kita dari tuntutan pihak ketiga, yaitu orang lain yang terlibat dalam kecelakaan di mana kita dianggap bersalah. Jika kita bertanggung jawab atas kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada properti atau cedera pada orang lain, kita mungkin harus membayar biaya hukum dan kompensasi kepada pihak ketiga tersebut.

Asuransi mobil dengan cakupan tanggung jawab pihak ketiga membantu menutupi biaya-biaya ini, sehingga kita tidak perlu menanggung beban finansial yang besar. 

Di banyak negara, memiliki perlindungan tanggung jawab pihak ketiga ini bahkan diwajibkan oleh hukum sebagai bagian dari keselamatan berkendara.

Baca Juga : Pengalaman Penuh Drama Saat Mudik Lebaran

Ini juga akan berlaku di Indonesia pada tahun 2025 mendatang. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono mengatakan bahwa saat ini asuransi kendaraan bersifat sukarela. Akan tetapi Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK) mengatur bahwa asuransi kendaraan dapat menjadi wajib bagi seluruh pemilik mobil dan motor.

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan aturan turunan dari UU PPSK tersebut. "Dan diharapkan peraturan pemerintah terkait asuransi wajib itu sesuai dengan UU paling lambat 2 tahun sejak PPSK, artinya Januari 2025 setiap kendaraan ada TPL," kata Ogi dalam Insurance Forum 2024, Selasa (16/7/2024).

Perlindungan dari bencana alam dan kerusakan lainnya

Bencana alam seperti banjir , kebakaran dan gempa bumi, bisa mengancam keselamatan mobil. Bahkan, angin yang sangat kencang yang menyebabkan pohon-pohon tumbang menimpa mobil. Tentu saja kerusakan yang ditimbulkan akan parah. Tak bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan. 

Asuransi mobil bisa memberikan kendaraan perlindungan dari bencana alam yang tak terduga seperti ini. Ini membuat saya semakin lega memiliki asuransi mobil. Lebih tenang berkendara.

Perlindungan untuk pengendara

Memiliki asuransi mobil tidak hanya melindungi kendaraan kita, tetapi juga pengendaranya. Banyak polis asuransi menawarkan manfaat perlindungan kecelakaan pribadi (personal accident cover) yang menanggung biaya pengobatan akibat cedera yang dialami dalam kecelakaan.

Beberapa polis juga mencakup biaya perawatan di rumah sakit, rehabilitasi, hingga tunjangan cacat permanen atau kematian akibat kecelakaan. Tentu saja perlindungan ini bisa membantu finansial. Mengingat biaya pengobatan saat ini semakin mahal. 

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Menurut Databoks, tahun 2024 ini asuransi kendaraan menjadi asuransi terbesar ketiga yang dimiliki oleh masyarakat. Minat masyarakat akan asuransi kendaraan mengalami tren positif. Pertumbuhannya mencapai 10%.

Ini membuat semakin banyak perusahaan mengeluarkan produk asuransi mobil, tentu saja ini membuat kita harus bijak memilih. Pilihlah asuransi mobil terbaik. 

Bagaimana caranya? 

Kenali Kebutuhan

Sebelum memilih asuransi, pahami kebutuhan Anda sebagai pemilik kendaraan. Apakah Anda membutuhkan perlindungan menyeluruh atau hanya perlindungan dasar? Asuransi mobil umumnya terbagi dalam dua jenis:

  1. Asuransi All Risk (Comprehensive): Menanggung segala jenis kerusakan, baik kecil maupun besar, termasuk pencurian.
  2. Asuransi TLO (Total Loss Only): Menanggung kerugian besar, seperti jika mobil hilang karena pencurian atau rusak berat hingga di atas 75%.

Pilih jenis asuransi yang sesuai dengan kondisi mobil dan risiko yang hadapi sehari-hari

Cek kredibilitas perusahaan asuransi

Pilihlah perusahaan asuransi yang kredibel. Perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas tinggi, akan memberikan proses pelayanan dan klaim yang mudah. 

Cara mengetahui bagaimana kredibilitas perusahaan asuransi bisa dilihat dari review pengguna, rating perusahaan, serta laporan keuangan yang menunjukkan kesehatan perusahaan.

Bandingkan Premi dan Fasilitas

Premi asuransi berbeda-beda tergantung jenis perlindungan yang diambil, usia mobil, serta lokasi tempat tinggal kita. 

Sebaiknya, bandingkan premi dari beberapa perusahaan untuk mendapatkan harga terbaik. Selain itu, perhatikan fasilitas yang ditawarkan, seperti:

  • Layanan derek saat mobil mogok.
  • Mobil pengganti selama mobil diperbaiki.
  • Bengkel rekanan yang tersebar luas dan terpercaya.

Pilih Asuransi dengan Jaringan Bengkel Luas

Salah satu hal penting adalah memilih asuransi mobil adalah memiliki banyak bengkel rekanan. Dengan jaringan bengkel yang luas, kita akan lebih mudah mendapatkan layanan perbaikan dimanapun berada. Pastikan juga bengkel rekanan tersebut memiliki reputasi yang baik dalam hal kualitas perbaikan dan suku cadang yang digunakan.

MPMInsurance adalah Asuransi Terbaik untuk Mobil

MPMInsurance adalah asuransi terbaik untuk mobil. Perusahaan asuransi ini menjadi pilihan saya dalam memilih asuransi mobil. 

Berdiri sejak 8 Mei 2012, PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPMInsurance) merupakan sebuah perusahaan asuransi yang berfokus pada asurasi aset seperti kendaraan bermotor, properti, keuangan, dan kargo/pengangkutan.

Pada Oktober 2012 Asuransi Mitra Pelindung Mustika resmi mendapatkan izin asurasi umum dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.


Asuransi mobil


Selain memiliki legalitas yang aman, MPMInsurance juga memiliki keunggulan lainnya, seperti : 

  • 300+ rekanan bengkel terbaik yang tersebar di seluruh Indonesia
  • Proses klaim mudah dan cepat
  • Menyediakan konsultasi gratis

Baca Juga : Servis Mobil di Dokter Mobil Pasti Beres!!

Perusahaan asuransi ini memiliki dua jenis perlindungan asuransi mobil yang bisa dipilih, yaitu : 

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil all risk memberikan jaminan perlindungan dari pencurian, tabrakan, tergelincir, kebakaran, banjir. Nikmati layanan klaim cepat. Solusi tepat untuk kebutuhan perlindungan mobil sesuai kebutuhan Anda. Temukan pengalaman terbaik asuransi mobil online dengan mudah yang dirancang untuk kenyamanan Anda di jalan.

Risiko yang dijamin oleh polis asuransi mobil, antara lain:

  • Bencana (banjir termasuk angin topan, gempa bumi)
  • Kecelakaan diri untuk penumpang
  • Huru-hara dan kerusuhan (SRCC)
  • Terorisme dan sabotase
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga
  • Tanggung jawab hukum terhadap penumpang

Biaya asuransi mobil ini sangat terjangkau, mulai dari Rp. 2.000.000/tahun.

Asuransi Mobil TLO

Asuransi mobil TLO ini memberikan perlindungan :

  • Menjamin kerugian/kerusakan pada mobil dari kerusakan di atas 75% dari harga sebenarnya
  • Menjamin kerugian / kerusakan serta kehilangan total pada kendaraan bermotor yang diakibatkan oleh pencurian.

Harga asuransi mobil TLO ini sangat murah, mulai dari Rp. 400.000/tahun.

Dari dua produk asuransi mobil di atas, pilihan saya adalah asuransi mobil all risk. Saya ingin mobil keluarga kami terlindungi dari semua risiko. Agar kami bisa berkendara dengan nyaman dan aman. 

Penutup


Asuransi mobil



Memiliki asuransi mobil itu penting. Banyak manfaat perlindungan dan keamanan finansial yang kita dapatkan. Perjalanan selalu penuh kejutan, kita harus bersiap menghadapi semua risiko yang ada. 

MPMInsurance adalah asuransi mobil terbaik yang bisa jadi pilihan teman deestories semuanya. Jadi, tunggu apalagi, yuk daftarkan mobilmu di MPMInsurance.

#MPMIWritingCompetition2024

#AsuransiMobil


Referensi

  1. https://www.mpm-insurance.com/produk/asuransi-mobil/
  2. https://www.cnbcindonesia.com/market/20240728064339-17-558166/motor-mobil-wajib-asuransi-di-2025-ini-penjelasan-jokowi-dan-ojk
  3. https://databoks.katadata.co.id/keuangan/statistik/6698cd225c33a/asuransi-kendaraan-sektor-asuransi-terbesar-ke-3-di-indonesia



7 komentar

  1. Untuk asuranasi kendaraan, penting sih memang mencari asuransi yang kredibel dan memudahkan saat klaim. Terlebih lagi jika penyedia jasa asuransi tersebut menyediakan polis yang bisa menyesuaikan berbagai kebutuhan konsumennya.

    BalasHapus
  2. Bener banget mbaa..asuransi mobil ini sangat membantu saat kita ada masalah dengan mobil spt kecelakaan dll...
    Aku jg smpt merasakan manfaat asuransi ini dl saat mobil gak sengaja nabrak teras rumah sampe bempernya kebuka akhirnya berkat asuransi mobil kembali cantik tanpa mengeluarkan uang sepersen pum 😊

    BalasHapus
  3. Wah benar banget tapi masih cari nih asuransi yang tepat sesuai syariah

    BalasHapus
  4. Jadi inget, kayaknya mobil di ruman udah habis deh asuransinya. Apalagi mobil udah lebih dari 5 tahun nih. Kayaknya harus pilih-pilih asuransi yang tepat. Trims remindernya Mbak...

    BalasHapus
  5. asuransi mobil ini memang sangat bermanfaat kalau misal mobil kita kena kecelakaan atau amit-amit hilang ya, mbak. namun tentunya sebelum memilih asuransi untuk mobil ini kita juga harus teliti biar bisa benar-benar merasakan manfaatnya

    BalasHapus
  6. Memilih perusahaan asuransi yang kredible itu penting banget. Soalnya banyak kasus perusahaan asuransi yang mangkir pas mengajukan klaim, jadinya boncos dua kali udah mobilnya rusak apalagi hilang uang yang kita setorkan ke asuransi juga ikut raib. Duh amit-amit deh

    BalasHapus
  7. Saya dan suami punya mobil pertama kali saat tinggal di Amerika. Dan meski mobil bekas ada asuransi mobil ..sebab wajib di sana. Akhirnya pas balik Indonesia dan beli mobil di sini selalu pakai asuransi - all risk.
    Dan pernah ada kejadian pas otw mudik mobil kami ditabrak bis . Mobil lumayan ringsek, Alhamdulillah kami sehat selamat. Asuransi melakukan perbaikan hingga puluhan juta. Padahal saat itu asuransi all risk hanya kami bayar senilai 6 juta pertahunnya.
    Memang memiliki asuransi mobil itu penting. Banyak manfaat perlindungan dan keamanan finansial yang akan kita dapatkan

    BalasHapus