Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Saat Pernikahan Terasa Membosankan, Lakukan 5 Hal ini Agar Kembali Bergairah

 

Mengusir rasa bosan dalam pernikahan



Pernahkah merasakan bosan dalam pernikahan? Hidup bersama selama bertahun-tahun terkadang menimbulkan rasa bosan pada pasangan. Bagaimana jika rasa bosan itu datang? 


Saat Pernikahan Terasa Membosankan


Saat kita menikah, hampir dua puluh empat jam waktu dihabiskan bersama  dengan pasangan. Tinggal satu atap bersama, melakukan rutinitas bersama setiap tahunnya terkadang memicu rasa bosan. 


Sebenarnya, rasa bosan adalah hal yang wajar. Salah satu emosi yang dirasakan oleh setiap manusia. Rasa bosan dalam pernikahan biasanya bukan karena menghabiskan waktu bersama orang yang sama pemicunya. Biasanya, rasa bosan terjadi karena melakukan rutinitas yang itu-itu saja. 


Kebosanan dalam pernikahan tentu harus bisa diatasi, ya! Ingat, pernikahan menjadi ibadah terpanjang, tentu saja banyak tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya, mengatasi kebosanan ini. 


Sebab, jika kebosanan ini tidak bisa dihadapi dengan baik, akan mengancam bahtera rumah tangga. Bosan dengan pernikahan, lalu selingkuh. Tentu ini bukan sebuah solusi. Ini malah mengatasi masalah dengan masalah baru.


Mengapa Pernikahan Terasa Membosankan? 


Pernikahan memang tak selalu manis dan hangat layaknya malam pertama. Seiring berjalannya waktu, kehidupan pernikahan tak hanya diselimuti kebahagiaan. Pasti ada rasa sedih, kecewa, bahkan putus asa saat menghadapi berbagai tantangan yang ada. 


Dilansir dari Bustle, menurut terapis pernikahan dan keluarga, Erika Labuzan-Lopez, LMFT, LPC, rasa kebosanan pada hubungan biasanya terjadi ketika orang terjebak dalam rutinitas.


Melakukan hal-hal yang sama selama beberapa tahun, tentu akan terasa membosankan bukan? 


Apalagi, jika pasangan tidak pernah meluangkan waktu untuk fokus pada hubungan, rasa bosan akan lebih mudah datang. 


Belum lagi, berbagai kesibukan bekerja dan mengurus anak. Menambah pernikahan semakin seperti rutinitas wajib yang harus dijalani. Terasa membosankan jadinya. 


Cara Mengatasi Kebosanan dalam Pernikahan


Lantas, bagaimana ya cara agar rasa bosan dalam pernikahan itu bisa diatasi? Bagaimana mengolah perasaan bosan itu dengan bijaksana, agar tak sampai mengancam mahligai rumah tangga? 


Mencari tahu sebab kebosanan


Cara mengatasi kebosanan dalam pernikahan yang pertama adalah mencari tahu sebab kebosanan itu sendiri. Saya bahkan pernah bertanya pada suami, apakah dia pernah merasa bosan dalam pernikahan. 


Jawabannya, tentu saja pernah. Untungnya, sebab bosannya bukan karena kehilangan minat dengan saya. Namun, karena kehilangan kegembiraan, kesenangan, atau kejutan dalam rumah tangga. 


Jika ini yang jadi sebabnya, tentu lebih mudah diatasinya. Cukup meluangkan waktu berdua dan melakukan hal-hal seru yang membahagiakan. 


Bagaimana jika sebab kebosanan dalam pernikahan adalah kurangnya minat pada pasangan? Jika kurangnya minat kepada pasangan merupakan alasan nomor satu dari kebosanan yang dirasakan, tentu hal ini akan menjadi sebuah masalah besar di dalam hubungan.


Melakukan hal baru bersama


Kebosanan dalam pernikahan biasanya terjadi karena melakukan rutinitas yang sama setiap harinya. Jadi, lakukanlah hal baru bersama untuk mengusir rasa bosan ini. 


Melakukan hal baru bersama pasangan di luar rutinitas biasa dapat mencegah rasa kebosanan. Hubungan pasangan suami istri pun bisa jadi lebih berwarna.


Baca Juga : Ide Kencan Malam di Rumah Saat Tidak Ada Pengasuh untuk Anak


Misalnya, olahraga di gym bersama menjadi hal baru yang saya dan suami lakukan beberapa waktu terakhir ini. Ini jadi hal baru yang membuat kami lebih sering menghabiskan waktu bersama di luar rutinitas yang ada selama ini. 


Melakukan hal seru


Biar lebih mendebarkan, lakukan hal seru bersama. Ini bisa mengusir rasa dalam pernikahan yang terasa datar-datar saja. 


Cara mengatasi kebosanan dalam pernikahan



Lakukan hal seru bersama pasangan. Hal-hal yang mendebarkan dan membahagiakan tentunya. 


Saya dan suami mencoba kembali touring keluar kota berdua. Boncengan naik motor menikmati perjalanan jauh. Seru! 



Miliki kehidupan seks yang sehat


Hmm, cara ini mungkin sedikit tabu untuk dibicarakan. Namun, seks yang sehat dalam pernikahan itu memang penting, lho. Sedih juga, mendengar banyak penelitian bahwa, semakin bertambah usia pernikahan, semakin berkurang frekuensi seks dalam pernikahan. 


Kalau dipikir secara logika sih memang begitu ya. Semakin bertambahnya usia pernikahan, pasangan makin sibuk dengan urusan pekerjaan dan pengasuhan anak. Tapi, hal ini nggak boleh dibiarkan, lho. 


Kehidupan seks yang sehat dalam pernikahan harus selalu diusahakan. Ini ampuh untuk mengusir kebosanan dalam rumah tangga. 


Baca Juga : Merawat Pernikahan itu Penting, Begini Caranya


Penelitian dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa pasangan yang percaya bahwa kehidupan seks yang sehat membutuhkan usaha, jauh lebih puas dengan kehidupan dan hubungan seks mereka.


Dari serangkaian penelitian dan eksperimen yang melibatkan sekitar 1.900 peserta, peneliti menemukan pula bahwa mereka yang berpikir seks yang baik seharusnya terjadi secara alami akan cenderung lebih cepat bosan dengan kehidupan seks dan hubungan mereka.


Berdasarkan penelitian tersebut dapat dipahami bahwa kehidupan seks yang sehat dan dilakukan dengan penuh usaha ternyata tak hanya membuat hubungan semakin erat, tetapi juga dapat membuat pasangan jadi tak merasa bosan di dalam hubungan.



Jatuh cintalah setiap hari


Agar tidak bosan dalam pernikahan, cobalah untuk jatuh cinta pada pasangan setiap hari. Pupuklah rasa cinta pada pasangan. Saling berbuat kebaikan satu sama lain. 


Perbanyak syukur dengan melihat hal-hal baik yang ada pada pasangan. Hal buruk jadikan tantangan untuk diperbaiki bersama. 


Jika rasa cinta pada pasangan terus dipelihara dengan baik, rasa bosan pun akan sirna dengan sendirinya. Trust me


Baca Juga : Main Sama Bapak, Kuatkan Hubungan Keluarga


Jika rasa bosan muncul dalam pernikahan, hadapi. Usir rasa bosan dengan berbagai cara. Jangan biarkan kebosanan menghancurkan pernikahan. 


Semoga artikel ini bisa membantu semua teman deestories untuk mengatasi rasa bosan dalam pernikahan agar kembali bergairah. Kalau ada yang mau berbagi tips lainnya untuk mengatasi rasa bosan dalam pernikahan, boleh lho share di kolom komentar. 








2 komentar

  1. Makasih sharingnya. Setelah kami berdua pensiun malah lbh bisa menikmati bersama, mencoba hal2 baru. Malah jadi gak bosan

    BalasHapus
  2. Rasa bosan akibat berbagai rutinitas berulang yang rasanya berubah jadi keharusan untuk selalu dilakukan sebagai istri maupun suami itu, ternyata berbahaya. Apalagi kalau keduanya sibuk, pun anak-anak masih kecil dan butuh perhatian ekstra sehingga sulit sekali benar-benar punya waktu berdua. By the way, terima kasih banyak atas sharing-ya ya Mba.

    BalasHapus