Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

6 Persiapan Penting Jelang Libur Sekolah, Anak Harus Punya Aktivitas Seru dan Positif!


persiapan liburan sekolah




Libur telah tiba Libur telah tiba.. 

Hore hore hore.. 



Hayoo, siapa yang bacanya sambil nyanyi? Hehe, lagu dari Tasya Kamila ini makin santer terdengar akhir-akhir ini. Libur sekolah telah tiba! Anak-anak akan menghabiskan waktu kurang lebih satu bulan di rumah. Wah, butuh persiapan yang matang nih, agar anak nggak mati gaya selama di rumah. Atau nggak hanya menatap layar untuk bermain game dan maraton serial favoritnya. 


Ha, hari ini saya mencoba berbagi tips bagaimana agar liburan sekolah bisa menjadi hal yang menyenangkan, baik bagi anak maupun orang tua. 


Ada beberapa hal penting yang harus disiapkan jelang liburan sekolah, agar anak tetap punya aktivitas yang seru dan positif. 


Buat kesepakatan bersama


Membuat kesepakatan bersama adalah hal penting pertama yang harus disiapkan. Hmm, bukan sok serius ya, tapi menghadapi anak generasi alpha yang sangat kritis itu butuh kesepakatan bersama, biar semuanya bisa berjalan dengan baik. 


Buat kesepakatan bersama dengan anak tentang aktivitas selama liburan. Kalau di rumah kami, kesepakatan bersama ini mengatur tentang jadwal aktivitas harian dan screen time. Kebetulan, meski liburan sekolah, beberapa aktivitas rutin anak-anak tidak libur. Anak-anak tetap ada les bahasa Inggris, kursus bahasa Jepang, latihan judo, latihan renang, dan mengaji. 


Jadi, salah satu bentuk kesepakatan bersama yang dibuat adalah anak-anak tetap melakukan aktivitas harian sesuai jadwal. Mereka bebas bermain di luar jadwal aktivitas yang sudah ada. 


Urusan screen time saya memberikan jam tambahan dibandingkan hari sekolah. Anak-anak mendapatkan tambahan waktu screen time satu jam setiap hari, namun tentu dibagi dalam beberapa waktu. Tidak langsung satu jam. 


Rencana kegiatan


Kemudian, buatlah rencana kegiatan selama liburan. Misalnya, membuat beberapa kegiatan untuk mengisi waktu, seperti cooking time, membuat mainan DIY, olahraga bersama, atau merencanakan liburan keluarga ke luar kota. 


Baca Juga : 7 Wisata Alam di Surabaya yang Bisa Melepas Lelahmu


Dengan membuat rencana kegiatan, kita tak perlu bingung lagi. Mau melakukan apa saja saat liburan. 


Stok cemilan


Jangan lupa menyediakan cemilan dan makanan dengan jumlah lebih banyak dari biasanya. Saat anak-anak di rumah, nafsu makan mereka biasanya bertambah. Mereka lebih suka ngemil. 


Sebelum libur sekolah, jangan lupa stok camilan anak-anak. Bisa berupa frozen food, buah-buahan, ataupun makanan ringan. 


Manajemen waktu


Liburan sekolah tidak berarti orang tua libur. Jadi, meski harus tetap bekerja, usahakan mengatur waktu lebih baik lagi. Usahakan tidak lembur, agar sepulang kerja masih ada waktu menemani anak-anak bermain. Pasti anak-anak akan senant, jika bisa memiliki waktu bermain dengan orang tuanya saat liburan sekolah. 


Baca Juga : Sleep Vacation, Liburan untuk Tidur Berkualitas


Jika memang waktu sangat terbatas, jadikan akhir pekan sebagai quality time. Akhir pekan adalah waktu khusus untuk anak-anak. No more kerjaan kantor! 


Manajemen stress


Tidak hanya waktu saja yang diatur ya, kelola stress dengan baik saat liburan sekolah. Namanya juga liburan, pastinya anak-anak akan punya banyak waktu di rumah. Anak jadi lebih sering berinteraksi dengan orang tua. Kelola stress dengan baik, agar selama liburan orang tua bisa tetap stay cool mendampingi anak-anak bermain di rumah. Jangan malah sering uring-uringan ya! Hehehe. 


Budget liburan


Last but not least, jangan lupa ada budget liburan. Meski nggak bepergian keluar kota, liburan tetap butuh anggaran. Pastinya ada uang ekstra yang harus dikeluarkan. Misalnya, buat beli jajanan ataupun bahan-bahan prakarya untuk kegiatan selama liburan. 


Dengan menyiapkan budget liburan, keuangan keluarga tidak terganggu. Jangan sampai boncos selama liburan sekolah. 


Penutup


Liburan sekolah menjadi waktu yang sangat ditunggu oleh anak-anak. Momen dimana mereka bisa memiliki banyak waktu untuk bermain ataupun melakukan hobinya. 


Meski begitu, tetap usahakan agar anak masih on track. Tidak melalaikan kewajibannya. Tetap melakukan aktivitas hariannya serta tidak mengakses layar secara berlebihan. 


Orang tua juga perlu mendampingi anak dengan baik selama liburan sekolah. Jadikan momen liburan ini untuk menjadi lebih dekat dengan anak-anak. Lakukan banyak kegiatan bersama dengan anak. Lakukan dengan sungguh-sungguh dan riang gembira. Jadikan anak tetap memiliki aktivitas yang seru dan positif selama liburan sekolah. 


Baca Juga : 10 Kegiatan Selama Liburan Sekolah yang Bisa Dilakukan di Rumah


Demikian lima persiapan penting jelang liburan sekolah. Semoga dengan persiapan ini, anak bisa memiliki aktivitas yang seru dan positif selama liburan sekolah


Happy holiday! 

15 komentar

  1. poin pertama itu aku banget, stok cemilan adalah keharusan :D minimal bawa susu kotakan buat di jalan

    BalasHapus
  2. ini sangat bermanfaat banget agar liburan anak2 semakin berkualitas bersama keluarga dan mereka juga tidak merasa bosen selama liburan ini...

    BalasHapus
  3. Wah kebetulan banget nih mau ngajak bocil liburan. Kesalahan terbesarku gak pernah budgetin kalau liburan yang ada jadinya boncos banget.

    BalasHapus
  4. Baca ini kek dejavu deh hehe , karena emang mau ajak anak2 liburan , makasih loh pastinya aku setuju banget klo orang tua harus selalu mendampingi anak

    BalasHapus
  5. Betul juga ya, management stres perlu juga nih dikelola. Apalagi aku keeja, anak libur di rumah saja. Perlu atur rencana si ini, biar anak tidak bosan dan stres.

    BalasHapus
  6. Bisa jadi inspirasi untuk ponakan aku ini, untuk menikmati masa liburan anak sekolah.

    BalasHapus
  7. penting banget memang kalau mau liburan kita buat perencanaan dulu dan nentuin tujuannya kemana biar sama sama happy dan after liburan gak berasa pusing krn dana malah habis

    BalasHapus
  8. saya setuju banget nih sama semua poin yang disebutkan diatas. Bagaimanapun liburan sekolah anak butuh banyak persiapan yang tentu saja harus dipersiapkan dengan matang biar semuanya happy. Selamat holiday yaa

    BalasHapus
  9. Wah tips persiapan liburan sekolahnya sangat detail dan bermanfaat pastinya buat para mom termasuk saya yang mau ajak keponakan keponakan kecil saya liburan sekolah, terutama tps budget liburan ini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhitungkan

    BalasHapus
  10. Aku relate banget sama tulisannya karena langsung terbayang ketika jalan-jalan bersama anak-anak

    BalasHapus
  11. Liburan kali ini sekeluarga mau pulang ke kampung suami. Masih seminggu lagi tapi persiapan nya uda kayak mau pergi sebulan. Hehhehe. Momen seperti ini nantinya bakal sulit dilakukan kalau anak sudah besar

    BalasHapus
  12. Tul banget kak, budget liburan memang yang lebih penting sih soalnya apalah liburan tanpa adanya budget. Terus manajemen waktu juga sih

    BalasHapus
  13. Wah keren nih ternyata kalau anak liburan sekolah kita sebagai orang tua juga perlu persiapan ya. Biar anak juga gak bosan sih selama liburan sekolah.

    BalasHapus
  14. Liburan sekolah memang menyenangkan. Tapi sekaligus jadi PR orang tua, agar anak nggak melulu main gadget ya kak

    BalasHapus
  15. Anak-anak sudah minta liburan dari kemarin mbak, memang belum ada inisiatif untuk bepergian, mungkin minggu depan jadi butuh persiapan. Cemilan juga salah satu yang harus dipersiapkan untuk anak yang hobi ngemil.

    BalasHapus