Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Ketahui Manfaat Mengompres Wajah dengan Air Hangat Sebelum Tidur

Distributor Ariston


Mencuci muka adalah rutinitas harian untuk menjaga kesehatan kulit. Karena, setelah seharian melakukan kegiatan dapat membuat sel kulit mati, minyak yang berlebih, dan debu yang menempel pada permukaan kulit. Agar kulit kita menjadi bersih, kita harus menggunakan produk perawatan kulit, contohnya seperti sabun cuci muka yang tepat.

Beberapa produk mencantumkan aturan pakai yang menyarankan kamu untuk mencuci muka terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat sebelum tidur, khususnya sebelum menggunakan sabun cuci muka. Aturan mencuci muka ini ternyata ada kaitannya dengan manfaat air hangat yang terkena permukaan kulit.

Jadi, saat kulit terkena air hangat, pori-pori menjadi terbuka. Hal ini dapat mempermudah mengeluarkan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati yang berada di pori-pori. Setelah kotoran keluar, kondisi pori-pori akan jadi terbuka membuat bahan aktif dari produk perawatan dapat masuk lebih dalam ke dalam kulit. Semakin banyak kandungan yang aktif dari produk perawatan yang menyerap ke dalam kulit, maka semakin besar juga manfaat yang akan diperoleh.

Sebelum mencuci muka menggunakan air hangat, kamu juga perlu tahu aturan mengompres wajah dengan air hangat. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Aturan Mengompres Wajah dengan Air Hangat


water heater tenaga surya


Penting diingat, agar tidak mengompres wajah dengan menggunakan air yang terlalu panas. Sebab, air panas bisa menghilangkan keratin (zat lemak) yang berfungsi dalam menahan air di dalam kulit. Hal ini disebabkan keratin rawan rusak, sehingga membuat kulit tidak lembap. Dampaknya, kulit dapat menjadi kering. 

Selain itu, mengompres wajah dengan menggunakan air panas pada saat kulit sedang meradang juga bisa memperparah kondisinya. Jadi, pastikan sebelum mengompres wajah dengan menggunakan air hangat, pastikan memakai suhu air yang tidak terlalu panas. Selanjutnya, setelah mengompres wajah dengan menggunakan air hangat dan membersihkan wajah dengan sabun, jangan lupa membilas wajah menggunakan air dingin.

Membilas wajah dengan menggunakan air hangat bisa membantu mengecilkan pori-pori, meningkatkan peredaran darah di wajah. Hasilnya, wajah pun lebih tampak berseri.

Nah, itulah penjelasan mengenai aturan mengompres wajah dengan menggunakan air hangat, selanjutnya kalian perlu mengetahui manfaat mengompres wajah dengan air hangat sebelum tidur berikut adalah penjelasannya.

Manfaat Mengompres Wajah Sebelum Tidur Dengan Air Hangat

Sebenarnya, mencuci muka bertujuan untuk membersihkan wajah dari kotoran dan juga mengangkat sel-sel kulit mati, serta debu yang menempel di permukaan wajah setelah satu hari beraktivitas di luar ruangan. Mengompres wajah dapat menggunakan air dingin ataupun air hangat. Banyak manfaat mengompres wajah sebelum tidur menggunakan air hangat, diantaranya sebagai berikut : 

  1. Membersihkan semua bekas make-up dan racun

Setelah seharian melakukan kegiatan menggunakan make-up yang tak pernah ketinggalan, sebelum tidur adalah waktu yang sangat tepat untuk mengompres wajah, baik dengan menggunakan pembersih tertentu, maupun air hangat. Air hangat selain dapat dipanaskan dengan menggunakan cara yang manual, kamu juga bisa menggunakan teknik modern yaitu menggunakan water heater tenaga surya

Jika kamu mengompres wajah dengan menggunakan air hangat, jadi bekas makeup serta berbagai macam racun yang menempel pada kulit wajah bisa dapat menghilang. Pori-pori kulit di wajah pun tidak akan tersumbat lagi dan pergantian udara juga berjalan dengan baik.

  1. Mencerahkan wajah

Jika kamu ingin mempunyai wajah yang cerah selain dengan memakai make-up yang belum tentu aman, kamu juga bisa menggunakan air hangat. Berbagai make-up, debu, sampai berbagai polusi dan kotoran yang ada di kulit wajah dapat dibersihkan dengan menggunakan air hangat sehingga pada saat bangun tidur di pagi hari kulit akan terasa lebih segar, bersih, dan juga berseri. Agar mempermudah mendapatkan air hangat, kamu bisa menggunakan water heater dari tenaga surya.

  1. Mengurangi timbulnya jerawat

Jerawat adalah hal yang sangat tidak disukai oleh perempuan, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengompres wajah sebelum tidur menggunakan air hangat. Penyebab timbulnya jerawat yaitu karena tersumbatnya pori-pori kulit wajah dan juga berbagai debu dan polisi yang menempel di permukaan kulit. Untuk membersihkan debu bisa dengan menggunakan air hangat, mengangkat berbagai macam polusi serta bekas make-up yang ada jadi pertumbuhan pada jerawat bisa dikurangi.

  1. Regenerasi berjalan optimal

Mengompres wajah dengan menggunakan air hangat sebelum tidur dapat melakukan regenerasi dengan baik. Pertumbuhan sel pada wajah terjadi pada saat jam 10 malam sampai dengan jam 2 pagi. Jika kamu langsung tidur tanpa mencuci muka terlebih dahulu dan masih tersisa make-up di kulit, tentu dapat mengganggu proses regenerasi dan pertumbuhan sel baru pada kulit wajah. 

Sel kulit mati akan menumpuk akibatnya tidak terangkat dan ini tidak baik untuk kulit jadi perlu mengompres wajah dengan air hangat. Air hangat juga bisa didapat dari water heater solar terbaik.

  1. Efektif dalam memperbaiki kerusakan kulit wajah

Manfaat air hangat untuk wajah yang selanjutnya yaitu dapat menyembuhkan kulit dari berbagai macam kerusakan. Penyebab kerusakan sel ini karena adanya penggunaan make-up yang terdapat zat kimia yang berbahaya untuk kulit serta berbagai macam polusi udara yang mendekat. Jika kulit wajah dicuci dengan bersih, maka proses penyembuhan akan terjadi lebih cepat sehingga kulit menjadi lebih segar dan sehat.

  1. Mengontrol minyak berlebih

Kulit wajah yang berminyak sangat mengganggu penampilan dan pori-pori kulit wajah dapat tersumbat dari minyak tersebut. Sehingga cara yang dapat dipilih ialah dengan mengompres wajah menggunakan air hangat sebelum tidur. Pori-pori pada kulit akan dibersihkan sehingga minyak yang berlebihan di kulit wajah dapat diminimalisir. Salah satu alat untuk memudahkan kamu mendapatkan air hangat yaitu menggunakan pemanas air menggunakan tenaga matahari.


Jadi itulah manfaat mengompres wajah dengan air hangat sebelum tidur. Mengompres wajah sebelum tidur menggunakan air hangat banyak manfaatnya, yaitu membersihkan berbagai bekas make-up dan racun. Sebelum tidur adalah waktu yang sangat tepat untuk mengompres wajah, baik dengan menggunakan pembersih tertentu dan air hangat. 

Selanjutnya, manfaat mengompres wajah dengan air hangat sebelum tidur yaitu dapat membuat wajah yang cerah, mencerahkan wajah, mengurangi timbulnya jerawat, regenerasi berjalan optimal, regenerasi berjalan sel pada wajah, dan mengurangi kerusakan kulit wajah. Air hangat juga bisa didapat dari water heater solar terbaik. Lalu, apakah boleh mengompres wajah dengan air hangat setiap hari? Simak penjelasan berikut.

Apakah Boleh Mengompres Wajah dengan Air Hangat Setiap Hari?

PT Indotech Energi Persada sebagai Distributor Ariston



Aktivitas kompres wajah dengan air hangat bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kesehatan serta kesegaran kulit wajah. Mengompres wajah dengan menggunakan air hangat secara teratur dapat menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit yang baik, maka boleh-boleh saja mengompres wajah dengan air hangat setiap hari,namun perlu diperhatikan beberapa hal :

  1. Mengetahui kondisi kulit

Setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda. Durasi dan suhu air yang dapat menghasilkan reaksi yang berbeda setiap perawatan kulit. Jika kamu mempunyai kulit sensitif atau lebih kering, mengompres wajah dengan air hangat mungkin lebih baik dilakukan hanya beberapa kali sehari

  1. Durasi dan suhu air

Mengompres wajah dengan air hangat selama beberapa menit dapat membantu membuka pori-pori dan membersihkan kulit dari minyak dan berbagai kotoran. Tetapi, pastikan menggunakan air yang tidak terlalu panas karena dapat membuat iritasi dan kulit menjadi rusak. Oleh karena itu, gunakan water heater Ariston untuk mendapatkan suhu air hangat yang tepat dan tidak merusak kulit.

  1. Menggunakan perawatan tambahan

Setelah mengompres wajah dengan air hangat, lebih baik untuk menggunakan produk perawatan kulit seperti menggunakan pelembab, dan serum agar menjaga kelembaban pada kulit dan memberikan nutrisi tambahan.

Jadi itulah penjelasan boleh mengompres wajah setiap hari namun juga perlu diperhatikan banyak hal seperti mengetahui kondisi kulit, durasi dan suhu air, menggunakan perawatan tambahan.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah mengompres wajah dengan air hangat sebelum tidur adalah rutinitas harian untuk menjaga kesehatan kulit. Setelah seharian melakukan kegiatan, sebelum tidur mengompres wajah dengan air hangat dapat mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih, dan debu yang menempel pada permukaan kulit. Agar kulit kita menjadi bersih, kita harus menggunakan produk perawatan kulit, contohnya seperti sabun cuci muka yang tepat.


Manfaat mengompres wajah sebelum tidur menggunakan air hangat bersihkan berbagai bekas make-up dan racun. Air hangat dapat dipanaskan dengan menggunakan cara yang manual dan menggunakan teknik modern. Mengompres wajah dengan air hangat adalah berbagai teknik modern yang menggunakan air hangat, yang akan terasa lebih segar, bersih dan juga berseri.


Agar memudahkan kamu mendapat air hangat sekarang kamu bisa menggunakan water heater Ariston dengan desain yang menarik, dan bisa mengatur suhu sesuai preferensi kamu. Yuk, hubungi PT Indotech Energi Persada sebagai Distributor Ariston terpercaya segera nikmati kenyamanan dan kesegaran setiap bilasan airnya. 



28 komentar

  1. Thanks banget kak infonya, jadi tahu ada Distributor Ariston yang terpercaya yaitu PT Indotech Energi Persada. Tentunya ini memudahkan banget buat yang cari mesin pemanas air Ariston ya.

    BalasHapus
  2. belom pernah coba nih, saya malah mengompres kulit muka, hehehe.
    kalau uapin wajah biasanya pas deep cleansing aja, tapi seringnya malas
    Padahal manfaatnya banyak banget ya

    BalasHapus
  3. Makasih infonya... Baru tau setelah baca artikel ini .. ternyata banyak banget manfaatnya.. biasanya baru ngompress kalo wajahnya kenapa-napa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sekaligus membuat kulit wajah lebih segar dan relaksasi juga ya dengan mengompress ini

      Hapus
  4. Aku suka banget menggunakan air hangat untuk mandi, lalu sekalian cuci muka.
    Dan kebiasaan pas lagi cape capenya, suka yang airnya diangetin banget banget banget.
    Tapi jadi tau nih, kalau airnya terlalu panas bisa menyebabkan keratin (zat lemak) di kulit wajah jadi rusak. HUhuhu, kudu diilangin kebiasaan ini dan biar ga rempong masak air, kudunya punya water heater Ariston yaa...

    BalasHapus
  5. Wah baru tahu manfaat mengompres wajah dengan air hangat sebelum tidur
    Selama ini saya malah selalu menggunakan air dingin
    Mau coba ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa. Sama banget nih, Ambu. Aku pun biasanya pakai air dingin. Eh ternyata, pakai air hangat adad banyak manfaatnya ya.

      Hapus
  6. Kalau air hangat bikin tenang kukit wakah ya kak. Cuma tetep kudu dengan air dingin juga biar pori² gak terbuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi tau hal ini.
      Dulu tuh berasa seneng pake air hangat aja.. Tanpa ditutup dengan air dingin.
      Ternyata keduanya memiliki manfaat masing-masing bagi kulit terutama kulit wajah.

      Hapus
  7. Meminimalisir munculnya jerawat dengan mencuci muka pakai air hangat ternyata beneran itu ya.
    Makin semangat nih jadinya cuci muka dulu dengan air hangat sebelum tidur

    BalasHapus
  8. Aku juga suka kompres wajah pakai handuk hangat, diusap-usap lembut, bener sih jadi terasa lebih bersih, apalagi kalo lagi jerawatan, rasa gatal dan nyut-nyutannya seperti diredakan gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, terasa banget manfaatnya ya, Mbak. Mau coba juga ah, biar kulit wajah terasa lebih tenang.

      Hapus
  9. Kalo di hotel sih sering cuci muka/mandi pake air hangat. Wajib itu mah. Soalnya kalo di rumah ya repot harus masak air dulu. Wkwk.

    Kecuali udh pny water heater sendiri sih di rumah. Nabung dulu ah buat beli water heater biar ga perlu repot mandi air hangat tiap hari. Haha.

    BalasHapus
  10. Ada sensasi tersendiri saat mencuci wajah dengan air hangat. Selain terasa hangat merasuk, juga terasa lebih rileks. Makanya pas banget dilakukan sebelum tidur.

    BalasHapus
  11. Berapa suhu air hangat yg diperbolehkan? Takut kepanasan euy. Tapi kalo habis dikompres emang beda rasanya. Lebih kencang dan minyak juga hilang.

    BalasHapus
  12. Aku nggak pernah sih sengaja nyuci wajah pake air hangat. Paling tuh kalau pas nanak nasi kan biasa ada uap panasnya. Ya udah, sesekali kasih uap itu ke wajah. Habis itu cuci muka dan bilasnya pake air dingin deh.

    BalasHapus
  13. Wah kupikir pake air dingin udah the best karena berasa seger banget di muka wkwkw eh ternyata baru tahu ilmunya kalo pake air anget justru akan jadi lebih bersih dan bebas bakteri. Thanks banget insightnya

    BalasHapus
  14. Baru dengar nih tentang manfaat mengompres wajah sebelum tidur. Terima kasih infonya kak.

    BalasHapus
  15. Aku juga sering ngompres wajah. Soalnya kalau di Pekalongan sendiri kan panas mbak hawanya, kalau ngompres muka, beuhhhhh, seger banget

    BalasHapus
  16. Kadang hal bermanfaat sering aku lewatkan, contohnya mengompres air hangat ke wajah. Pastinya bikin wajah lebih relax ya mbak

    BalasHapus
  17. Mencuci wajah menjadi salah satu kehjatan rutinku kalau abis dari luar dan sebelum tidur. Umur kepala 3 ini memang laki laki juga harus merawat wajah biar ga cepet peot wkwkw

    BalasHapus
  18. Dulu waktu masih gadis, rutinitasku sebelum tidur ya gini ini, tapi setelah bikah kok lupa ya, wkwk.. Padahal wajah rasanya nyaman banaget. Duh, mau rutin coba lagi kebiasaan ini ah, xiixix..

    BalasHapus
  19. Dulu sering banget kompres wajah pake air hangat. Emang efeknya bisa menenangkan, rileks, dan lebih bersih

    BalasHapus
  20. Baru tahu wajah dikompres air hangat, ternyata bagus ya untuk pembersihan pori2 kulit dari minyak berlebih, dll. Terimakasih kak rekomendasinya, insha Allah bakalan saya coba.

    BalasHapus
  21. Mengompres wajah dengan air hangat bisa untuk relaksasi juga itu, kata orang2 biar gak cepat timbul kerutan di wajah

    BalasHapus
  22. Sepertinya dengan melakukan penguapan wajah ini juga bagus ya. Ngga tau deh namanya apa ini. Wajah jadi rileks dan segar kembali.

    BalasHapus
  23. baru ngeh nih kalo bisa kompres wajah dengan air hangat dirumah ya sebelum tidur. treathment ini kirain bisa dilakuin di salon aja, heheh. auto mau nyobain ah tapi gak bisa sering sering karena kulit wajah ku termasuk yang kering, auto jadi pengen punya water heater Ariston juga nih, lebih prkatis buat mandi air hangat atau "healing" kompres wajah dengan air hangat

    BalasHapus
  24. aku juga suka mengompres wajah dengan air hangat, cuman ga sering-sering, soalnya masih suka males kalau harus masak airnya. Kalau ada water heater gini jadi praktis juga, kita ga perlu repot masak air
    kompres wajah dengan air hangat bikin kulit wajah jadi rileks gitu, bener juga mbak setelah dikompres air hangat aku juga membilas dengan air dingin supaya pori pori tertutup

    BalasHapus